News Update :
Home » , , » Cuaca Dingin Serang Jakarta

Cuaca Dingin Serang Jakarta

Penulis : Unknown on Senin, 14 Juli 2014 | 12.26

 

Penyebab Suhu Dingin Di Jakarta


Jika biasanya suhu di Jakarta terkenal panas, baik siang maupun malam, hal ini cukup berbeda pada akhir-akhir ini, karena selama dua hari terakhir wilayah jakarta diselimuti suhu dingin yang tidak biasa, diperkirakan kondisi cuaca ini akan terus terjadi hingga akhir bulan juli 2014 ini.

Apa sebenarnya penyebab terjadinya suhu dingin di wilayah Jakarta belakangan ini, berikut ini keterangan dari Mulyo Prabowo Kepala Pusat Penerangan Meteorologi Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG)


Perubahan suhu disebabkan karena terjadinya perubahan cuaca, dari musim hujan ke musim kemarau demikian jelas Mulyo Prabowo, seperti dilansir dari Kompas.com Senin (14/7/2014).

Menurut dia, suhu di wilayah Jakarta dan sekitarnya dalam dua hari terakhir ini berkisar antara 25-27 derajat celsius.

“Suhu dingin akan terus terjadi hingga jelang akhir Juli 2014. Pada pagi hingga siang cuaca wilayah Jakarta dan sekitarnya cenderung hangat dengan temperatur 26-27 derajat celsius, sedangkan siang menuju sore hingga malam hari cuaca kembali ke suhu 25 derajat celsius. Ini akan terjadi di Jabodetabek,” kata Mulyo

Kata dia, penyebab lain suhu dingin adalah adanya badai tropis ramasun di wilayah utara Indonesia atau sebelah timur Filipina.

Situasi tersebut, lanjutnya, menyebabkan aliran udara dari benua Australia ke Asia semakin menguat. Oleh karena itu, wilayah sebelah barat Sumatera bagian selatan hingga ke Jawa bagian barat menerima uap air yang cukup tinggi.

“Ada belokan angin dari wilayah barat Sumatera bagian selatan, sampai ke Jawa bagian barat. Makanya aliran udara melambat,” ujarnya.

Meski suhu yang terjadi cenderung tidak lazim dari normal, Mulyo menegaskan, perubahan suhu itu masih dalam tahap normal.
Minggu malam Suhu Jakarta mencapai 25 Derajat Celsius

Minggu (13/7/2014) malam, suhu Jakarta terasa lebih dingin dari biasanya. Sejak Minggu siang, Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, pada pukul 19.00 WIB, suhu di Jakarta mencapai 25,2 derajat celsius.

Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara BMKG Edwin Aldrian, saat dihubungi Tribunnews.com, mengatakan, hari ini suhu lebih rendah dari biasanya. Beberapa hari terakhir ini, kata dia, suhu di Jakarta rata-rata 29 derajat celsius.
“Memang ada penurunan suhu, tetapi masih dalam hitungan wajar,” kata Edwin.


Suhu dingin itu disebabkan angin yang datang dari Timur Tenggara. Lautan cenderung teduh dan menghasilkan suhu dingin. Itu juga yang menyebabkan angin yang diembuskan ke wilayah Indonesia cenderung lebih dingin.

“Wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah sebelumnya juga sudah mengalami fenomena serupa,” ujarnya.

Menurut Edwin, suhu dingin ini berkaitan dengan fenomena di Australia. Di Negeri Kanguru, penurunan suhu hingga 2,5 derajat celsius di sejumlah tempat. Ini merupakan suhu terdingin sejak 100 tahun terakhir.

Selain karena keadaan yang terjadi di wilayah Tenggara, penurunan suhu juga umum terjadi pada masa peralihan. Edwin mengatakan, saat ini merupakan masa peralihan dari musim hujan ke musim panas.

Sumber : aktualpost.com
Share this article :

Posting Komentar

 
| | | | | |
© . Peristiwa Aktual . .
Design Template by kwanyar-online | Support by creating website | Powered by Blogger Kwanyar
div id='fb-root'/>