News Update :
Home » , , , » Tidak Ada Hari Raya Idul Fitri Di Palestina

Tidak Ada Hari Raya Idul Fitri Di Palestina

Penulis : Unknown on Senin, 28 Juli 2014 | 05.47

 

Derita Warga Palestina Di Idul Fitri 2014


Tidak ada perayaan Lebaran untuk rakyat Gaza di Idul Fitri 2014 ini. Jika umat Islam di negara lain menyambut 1 Syawal 1435 Hijriyah dengan penuh kebahagiaan, mendung hitam masih menyelimuti warga Gaza yang masih menghadapi kekejaman Israel.

Konflik perebutan wilayah yang sudah berlangsung selama tiga minggu ini telah menelan lebih dari 1000 korban di pihak Palestina. Kala Senin (28/7) ini Hamas dan Israel menyepakati gencatan senjata, warga Gaza menjumpai Idul Fitri dengan hati yang masih berdebar-debar cemas.

Misalnya yang dialami sendiri oleh seorang ibu lima anak di Khan Younis. Kepada CNN ia dengan getir menuturkan, “Ketika suami saya berangkat ke masjid untuk salat, saya berdoa agar ia bisa pulang dengan selamat. Jika ada seseorang yang membunuh seekor kucing saja di America, dunia akan membesar-besarkannya, jauh melebihi meninggalnya anak-anak di Gaza.”

    Ibu yang tidak mau disebutkan namanya ini mengakui setelah gencatan senjata,”Banyak orang yang muncul di jalan. Mereka yang ketakutan sebelumnya, kini keluar dengan berbagai kepentingan. Mereka yang anaknya sakit bergegas ke rumah sakit, membeli kebutuhan, mencari makanan. Saya pergi untuk mencari roti demi keluarga.”


Nasib sang ibu tidak lebih baik dibandingkan orang-orang di Gaza Utara. Seorang pria paruh baya menuturkan, “Saya harap gencatan senjata ini tidak pernah terjadi. Dengan demikian saya tidak akan pernah menemui rumah yang sekarang sudah hancur.”

Sementara itu, seorang wanita di Beit Hanoun bersua dengan tetangganya yang baru bisa keluar setelah Israel menghentikan serangan. Ia bertanya tentang rumah yang selama ini ditinggali. Dengan getir sang tetangga menjawab, “Semuanya sudah tak bersisa; rata dengan tanah.”

    Ucapan yang paling getir meluncur dari seorang perempuan di Khan Younis yang berkata, “Tidak ada Idul Fitri di sini. Di jalur Gaza, akan sangat mustahil bagi seseorang untuk sekadar membuat roti.”


Share this article :

Posting Komentar

 
| | | | | |
© . Peristiwa Aktual . .
Design Template by kwanyar-online | Support by creating website | Powered by Blogger Kwanyar
div id='fb-root'/>